Fish

Peternakan Kelinci

Peternakan Kelinci
Sedia:
* Kelinci Koleksi

* Kelinci Hias
* Kelinci Pedaging (20.000/kg)
Lokasi : Keputih Tegal Timur - SURABAYA
JAWA TIMUR
Telp. 031-77656116




Nawan38@gmail.com
2263AA6E
YM: nawan38
YM: lusyawati77


Rabu, 28 Desember 2011

Foto Pertumbuhan Kelinci Dari Bayi Hingga Dewasa

Di bawah ini adalah artikel yang menunjukkan foto-foto pertumbuhan / perkembangan kelinci dari saat menyusui hingga dewasa disertai penjelasan singkat tentang perawatan kelinci baik yang masih kecil, maupun yang dewasa, hamil, dan beranak. (Lihat dan baca juga link lain berkaitan yang tersedia di bawah ini).
Tahukah anda bahwa kelinci hanya sebulan lamanya di dalam kandungan, dan 30 sampai 35 hari setelah dikawinkan ibu kelinci akan melahirkan anak-anaknya ? Sekali beranak kelinci memiliki anak yang banyak dan bervariasi jumlahnya dari yang hanya 3, sampai 5, 7, 9, hingga belasan jumlahnya (rata-rata 5 sekali beranak). Kelinci pun memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang relatif cepat dalam waktu sebulan pertama.
Tahukah anda bahwa air susu ibu kelinci untuk anak-anaknya memiliki komposisi khusus yang sangat tinggi protein sehingga anak yang baru lahir cukup disusui hanya sekali atau dua kali sehari selama kurang dari lima menit ? Selama tidak menyusui ibu kelinci akan menjauh dari anaknya, seakan-akan acuh tak acuh. Ia baru biasanya mendekati dan menyusui anaknya di malam atau dini hari ketika suasana sepi.
Tahukah anda bahwa bagi ibu kelinci hamil yang sudah pernah beranak, menjelang ia melahirkan anaknya, ia akan sibuk menggaruk-garuk kandang (atau membuat lubang jika di tanah), mencabuti bulu-bulu tubuhnya, dan mengumpulkannya bersama jerami-jerami yang ia temukan sebagai persiapan tempat bagi anak-anaknya yang baru lahir kelak?
Ketika kelinci baru dilahirkan, ia berukuran sangat kecil, dengan kulit yang tanpa bulu dan transparan, buta, dan tak bisa mendengar. Setelah 3 hari bulunya mulai kelihatan dan makin nyata hingga menginjak usia seminggu. Bersamaan dengan itu, bayi kelinci mulai bisa berdiri, dan merayap. Matanya pun terbuka perlahan-lahan, hingga terbuka sempurna ketika berusia 11 hari. Walaupun mata sudah terbuka, ia nyaris belum mendengar apa-apa karena telinga belum terbuka. Baru ketika berusia 13 atau 14 hari telinga kelinci membuka sempurna, dan ia pun mulai sensitif dan kaget dengan suara-suara asing yang terdengar dari sekitarnya.
Ketika berusia di atas 2 minggu, kelinci mulai lincah berjalan, dan sudah bisa keluar dari kotak beranak, mengejar-ngejar induknya untuk menyusu. Ia pun mulai mencicipi makanan yang ada di sekitar, terutama ketika menginjak usia di atas 18 hari dimana ia mulai tertarik dengan rumput-rumput atau wortel yang tersedia untuk induknya. Menjelang memasuki usia 4 minggu, ia bahkan sudah bisa menggapai dan makan makanan padat berupa pelet yang terdapat dalam wadah yang disediakan untuk induknya, walau hanya sedikit memakannya. Ketika berumur 1 bulan kelinci sudah mulai terlihat besar, walau ia masih harus menyusu dan belum bisa dipisahkan dengan induknya. Kelinci idealnya baru dipisahkan dan disapih dari induknya ketika berumur 8 minggu atau 2 bulan, itupun dengan cara bertahap mencoba memisahkannya dengan induknya selama berjam-jam atau setengah hari dulu selama beberapa hari.
Jika anda tertarik membeli kelinci, maka hendaknya anda membeli minimal yang sudah berusia 2 bulan. Jika anda membeli yang masih kecil-kecil, walaupun terlihat imut dan lucu, karena mereka sudah dipisah dari induknya padahal masih menyusui, sebagaimana yang kebanyakan dijual di pinggir-pinggir jalan dan toko-toko hewan, risiko kematiannya akan tinggi. Tak usah heran jika kelinci yang baru anda beli dalam beberapa hari sudah mati.
Nafsu makan anak kelinci mulai besar ketika berusia 1,5 bulan, dan mencapai puncaknya ketika kelinci berumur 2 hingga 3 bulan. Pada masa-masa ini hendaknya para pemelihara kelinci tidak terpancing memberikan makanan berupa padatan yang berlebih sebagaimana porsi kelinci dewasa. Jika makanan padatan diberikan menyesuaikan nafsu makan mereka padahal pencernaan mereka belumlah sesempurna kelinci dewasa, maka bisa berujung pada gangguan pencernaan disertai mencret. Kalau sudah begini, hendaknya yang mencret dipisahkan dari yang lain dan makanan padat dihentikan terlebih dahulu selama 2 hari. Beri saja rerumputan kering padanya disertai air minum yang cukup karena memang rerumputan kering yang bersih adalah yang paling aman untuk kelinci dan bisa diberikan dalam jumlah tak terbatas. Untuk kelinci mencret tersebut,  jika perlu dilakukan juga pemijatan pada bagian perut dengan jari-jari kita, bergerak dari bagian perut menuju ekornya tiga hingga lima menit selama dua kali dengan interval waktu lima menit untuk membiarkannya bebas berlari yang membantu mengeluarkan kotoran yang tersumbat pada pencernaannya.
Kelinci yang berusia lebih kurang 3, 5 bulan sudah dianggap memiliki pencernaan yang sempurna, dan sudah bisa diberikan makanan padatan sebagaimana porsi kelinci dewasa. Kelinci yang berusia 4 bulan sudah bisa memiliki berat 2 kg, tergantung dari jenis kelincinya, dan biasanya pada usia ini kelinci yang ditujukan untuk pedaging bisa dipotong.
Kelinci dianggap dewasa ketika berumur 6 atau 7 bulan tergantung jenisnya, dan sudah bisa dikawinkan. Untuk mencegah kelinci stres karena beranak terlalu muda, sebaiknya dikawinkan pada umur 7 bulan saja, sehingga beranak ketika ia berumur 8 bulan. Kelinci bisa dikawinkan selama 4 sampai 6 kali dalam setahun.
kelinci baru lahir
Kelinci Baru Lahir
Kelinci Umur 3 Hari
Kelinci Umur 3 Hari
kelinci umur 7 hari
Kelinci Umur 7 Hari
Kelinci Umur 10/11 Hari
Kelinci Umur 10/11 Hari
Kelinci Umur 12/13 Hari
Kelinci Umur 12/13 Hari
kelinci umur 18 hari
Kelinci 18 Hari
Kelinci 22 Hari
Kelinci 22 Hari
kelinci usia 1 bulankelinci umur 5 minggu
Kelinci 35 hari sampai 7 minggu
kelinci umur 4 bulan
Kelinci 4-5 bulan
Kelinci 6-7 Bulan dewasa
Kelinci 6-7 Bulan
ibu kelinci dewasakelinci giant dewasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar